Lajang Spot, Template Blog SEO Friendly Responsive Design Mudah Diedit - Lajang Spot
Ξ
×

Lajang Spot, Template Blog SEO Friendly Responsive Design Mudah Diedit

Dua fitur yang harus ada pada sebuah template blogger premium adalah SEO Friendly dan desain yang responsive. Apa manfaatnya untuk blog?

Yang pertama, jika blog Anda SEO Friendly maka mesin google akan lebih mudah menemukan dan memahami apa isi konten yang Anda bahas di dalam blog atau postingan Anda.

Sehingga jika ada pengguna yang mencari informasi di google, blog Anda akan berkesempatan tampil di hasil pencarian.

Tentu saja, semua orang menginginkan hal tersebut, apalagi jika bisa page one.

Yang kedua, agar blog Anda SEO maka blog Anda harus memiliki desain yang responsive, sehingga blog Anda juga mobile friendly karena bisa diakses pengguna mobile dengan mudah.

Tapi bagi Anda pengguna template blog, dua itu saja bukan menjadi penentu Anda mau membeli template blog dengan fitur tersebut. Tetapi juga menjanjikan kemudahan dalam menggunakannya.

Template Blog SEO Friendly Responsive Design Mudah Diedit

#1 Apa itu Template Blog SEO Friendly?

SEO adalah singkatan dari "search engine optimization" (pengoptimalan mesin telusur) atau "search engine optimizer" sedangkan friendly artinya bersahabat (ramah).

Jadi, Template Blog SEO Friendly dapat diartikan sebagai template blog yang ramah dengan mesin pencari google.

Yang berarti tidak menyulitan mesin mencari menemukan dan memahami isi konten blog Anda (namanya sahabat pasti ramah :D).

#2 Bagaimana Cara Mengecek Template Blog SEO Friendly?

Kita bisa menggunakan tool untuk mengecek skor SEO suatu blog yang menggunakan template blog tersebut.

Salah satunya adalah situs web.dev, Anda bisa memasukan URL atau domain blog yang ingin diuji, berapakah skor SEO blog tersebut.

Jika 100 maka template blog tersebut memenuhi semua kriteria yang diujikan. Diantara yang diujikan adalah sebagai berikut.

#2.1 Template Blog Harus Memiliki Struktur Data yang Valid

Mesin pencari google menggunakan data yang terstruktur untuk memahami apa jenis konten dari sebuah halaman seperti halaman untuk artikel, sebuah pekerjaan, produk, FAQ, dsb.

Google akan menandai konten Anda dengan data terstruktur tersebut yang membuatnya lebih mungkin untuk disertakan dalam hasil penelusuran dengan informasi tambahan.

Misalnya, konten yang ditandai sebagai artikel mungkin muncul dalam daftar berita utama yang relevan dengan sesuatu yang ditelusuri pengguna.

Untuk mengecek apakah struktur data dari suatu halaman adalah valid bisa gunakan Uji Data Terstruktur Google.

#2.2 Template Blog Harus Mobile Friendly

Mesin google tentu memberi peringkat halaman berdasarkan seberapa ramah seluler mereka, karena seperti yang kita ketahui bahwa banyak yang menggunakan perangkat seluler untuk mengakses internet sekarang ini.

Jika blog Anda tidak mobile friendly atau tidak mudah digunakan di perangkat seluler maka tentu blog Anda tidak akan disukai baik oleh pengguna (pengunjung) maupun mesin google atau dengan bahasa simplenya dinilai buruk.

Untuk mengecek apakah sebuah template mobile friendly, bisa kunjungi Pengujian Situs Mobile Friendly Google.

Selain dua hal tersebut, tentu ada juga faktor lain yang bisa meningkatkan peringkat dari SEO blog Anda. Diantaranya:

  • Memiliki tag title di setiap halaman blog.
  • Memiliki tag meta deskripsi untuk bisa ditampilkan sebagai ringkasan konten blog di hasil pencarian google.
  • Tautan memiliki teks deskriptif. Ketika teks tautan dengan jelas menyampaikan target hyperlink, baik pengguna dan mesin pencari dapat lebih mudah memahami konten Anda dan bagaimana kaitannya dengan halaman lain. Misalnya, halaman ke homepage diberi nama homepage, bukan yang lainnya.
  • Elemen gambar harus memiliki atribut "alt" yang berupa teks alternatif sebagai informasi tentang gambar. Apalagi jika pengguna tidak berhasil meload gambar tersebut sehingga hanya akan tampil sebuah tulisan yang menginformasikan tentang gambar tersebut.
  • dan lainnya.

#3 Mengapa Blog Harus Responsive Design?

Salah satunya atau alasan satu-satunya adalah agar blog Anda Mobile Friendly sehingga bisa menjadi blog yang SEO Friendly.

Walaupun desain yang responsive bukan satu-satunya syarat agar blog bisa mobile dan SEO friendly.

Selain itu, dengan desain yang responsive juga, kita dapat menggunakan perangkat mana saja (tak hanya di perangkat dengan ukuran layar tertentu) yang kita inginkan untuk mengakses halaman tersebut dengan mudah.

Untuk mengecek apakah blog Anda memiliki desain responsive, bise cek di situs Am I Responsive.

Template Blog SEO Friendly Responsive Design yang Mudah Diedit

Bagi Anda yang belum memiliki template blog premium dan sedang mencari temlate blog seo friendly desain responsive yang mudah diedit, ini template yang saya gunakan.

  • Template Lajang Spot

Template di atas sangat mudah sekali diedit, hanya pada menu tata letak blog.

Anda bisa melihat widget menu tata letak blognya di video yang ada di halaman Template Lajang Spot untuk Blogging sambil Jualan Online .

Posting Komentar untuk "Lajang Spot, Template Blog SEO Friendly Responsive Design Mudah Diedit"