Cara Membuat Blog di Blogger Terbaru - Lajang Spot
Ξ
×

Cara Membuat Blog di Blogger Terbaru

Cara Membuat Blog di Blogger Terbaru - Sebelumnya, sudah tahu apa itu blog? Bagi sobat blogger tentunya sudah tahu yang namanya blog.

Meskipun banyak dari mereka yang hanya sekedar tahu tanpa mengerti lebih detail dari blog, ada pula yang mengerti blog tetapi tujuan membuatnya adalah fokus mencari penghasilan dari blog.

Namun, tidak sedikit juga yang ngeblog karena hobby atau untuk membagikan informasi kepada publik.

Kita akan membahas Cara Membuat Blog di Blogger dengan 3 Langkah, membuat akun, pelajari dasbor Blogger, dan mulai memposting artikel di Blogger.

Langkah-langkah Membuat Blog di BLogger

Langkah yang paling utama adalah menentukan topik atau niche blog, ini tergantung juga tujuan ngeblognya.

Contohnya, jika ingin membuat sebuah blog pendidikan, maka yang akan dibahas di dalam blog tersebut ialah pendidikan tanpa membahas topik tentang kesehatan, kuliner ataupun yang lainnya.

Meskipun, tidak ada larangan membuat blog gado-gado atau campur antara satu topik dengan topik yang lain.

Pikirkanlah baik-baik apakah ingin membuat blog dengan topik atau niche tertentu karena akan datang masanya Anda akan memilih apakah masih konsisten atau berhenti di tengah jalan.

Jika Anda sudah menentukan topik yang ingin dibuat blognya sesuai dengan tujuan ngeblognya, selanjutnya langsung saja kita membuat sebuah blog untuk mengembangkan kreatifitas menulis yang Anda miliki.

Berikut ini adalah Langkah-langkah Membuat Blog di Blogger.

  1. Anda harus memiliki akun gmail. Jika belum punya, silahkan dibuat dulu. Tetapi, jika sudah punya silahkan login terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya masuk ke platform Blogger atau bisa mengetik www.blogger.com (Anda bisa melakukannya di HP Android yang Anda miliki).
  3. Anda akan diminta memilih akun gmail yang akan digunakan untuk membuat blog.
  4. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman berikutnya untuk menentukan judul dan alamat blog Anda.
  5. Setelah menentukan judul dan alamat blog, Anda akan diminta lagi menentukan nama profil penulis Anda di Blogger.

  6. Jika sudah yakin dengan menentukan ketiga hal di atas, maka klik SELESAI. (Selamat Anda sudah berhasil membuat blog di Blogger)

Akhirnya, selesailah pembuatan blog baru Anda. Anda akan diarahkan ke Dashbord Blogger Anda.

Selanjutnya, pelajarilah "Fungsi Menu-menu yang Ada pada Dasbor Blogger" berikut ini.

Fungsi Menu-menu yang Ada pada Dasbor Blogger

Setelah membuat blog dengan mengikuti langkah-langkah pembuatan blog di Blogger dengan Mudah, langkah selanjutnya adalah mengetahui Fungsi Menu-menu yang Ada pada Dasbor Blogger sebelum memulai menulis artikel.

Jika Anda mengakses www.blogger.com setelah membuat blog, maka Anda akan diarahkan ke halaman dasbor Blogger dimana terdapat menu-menu yang penting di sebelah kiri sebagai berikut.

Dasbor Blogger

#1 Menu Postingan Blogger

Menu postingan ini adalah area dimana semua postingan kita berada. Jika kita ingin membuat sebuah postingan baru, mengedit postingan yang telah ada, menerbitkan postingan, mengatur label postingan maka klik menu ini.

Menu postingan ini terdiri dari empat sub-menu, yaitu:

  • Semua, semua postingan.
  • Diterbitkan, postingan-postingan yang telah diterbitkan dimuat di sini.
  • Draf, dalah postingan-postingan yang belum diterbitkan yang telah dibuat.
  • Terjadwal, dalah postingan-postingan yang belum diterbitkan karena diatur waktu kapan diterbitkan.

#2 Menu Statistik Blogger

Menu statistik adalah menu untuk melihat statistik pengunjung blog kita untuk penayangan hari ini, penayangan 1 minggu yang lalu, sebulan yang lalu atau semua penayangan yang ada.

Kita bisa melihat jumlah penayangan dari entri (postingan) yang ada dan juga keyword atau kata kunci pencarian yang menayangkan postingan kita.

#3 Menu Komentar Blogger

Menu ini berisi komentar dari pengunjung blog kita. Kita bisa melihat komentar terbaru, terlama, atau ingin menghapus komentar, maka di sinilah tempatnya.

Apalagi jika Anda mengatur peninjauan komentar pengunjung sebelum dipublikasikan karena ada pengunjung yang berkomentar tidak sesuai atau tidak baik.

Selain itu, mengatur peninjauan komentar sebelum diterbitkan juga baik untuk mencekal komentar spam. Untuk mengatur ini, dilakukan pada menu pengaturan.

#4 Menu Penghasilan Blogger

Menu ini adalah tempat seseorang untuk menautkan dengan akun Google Adsense atau ingin mendaftarkan blognya ke program Google Adsense.

Jika pada dasbor Blogger Anda tidak tampil, maka Anda perlu melakukan pengaturan bahasa ke bahasa inggris pada sub-menu "Bahasa dan Pemformatan" di menu pengaturan blog.

#5 Menu Halaman Blogger

Menu ini adalah menu yang berisi halaman yang telah dibuat baik yang didraf atau telah diterbitkan.

Jika Anda ingin membuat halaman seperti halaman "tentang", "kontak saya", dll. maka di sinilah tempatnya.

#6 Tata Letak Blogger

Menu ini adalah menu untuk melihat tata letak blog kita, mengatur tata letak, mengedit, menambah atau menghapus gedget di blog kita maka di sinilah tempat yang dituju.

Jika ingin mengcustom tema, gunakan Desainer Tema (klik linknya).

Pada laman tata letak blog, kita bisa melihat posisi kepala blog (header) berada paling atas, padanya menginformasikan judul blog dan deskripsi blog.

Kemudian ada badan halaman, area dimana postingan atau halaman blog kita ditampilkan beserta komentar-komentarnya.

Selain itu ada sidebar (bisa kiri, kanan, atas, dan bawah dari artikel). Sidebar merupakan kolom blog yang berada di sebelah kiri, atas, bawah, dan kanan posting artikel.

Blog bisa memiliki sidebar kiri, kanan, atas, dan bawah postingan, atau tak satupun.

Dan yang paling bawah ada footer blog (kaki blog) yang berisis informasi seperti template yang digunakan buatan siapa, copy right, dsb. Bisa juga diisi dengan widget blog.

Yang penting diketahui bahwa dua bagian inti yang harus dimiliki oleh blog adalah kepala blog (head) dan badannya (body).

Jika tidak ada keduanya maka blog tidak bisa berfungsi/ditampilkan atau error.

Walaupun tidak ada sidebar dan footer, blog bisa berfungsi asalkan ada kedua elemen tersebut.

Oleh karena itu, suatu blog harus disusun dengan dua elemen tersebut. Jika dituliskan dalam kode html dalam template blog maka struktur dasar pembentuk sebua blog adalah:

<html>
<head>
</head>
<body>
</body>
</html>

Di antara tag head itu harus diisi dengan kode-kode html.

Begitu juga di dalam tag body. Itu hanya gambaran saja. Anggap saja itu kerangka badan, misalnya kepala manusia, jika tidak ada otak tidak bisa hidup.

Pada body, jika tidak ada jantung juga tidak bisa hidup. Manusia jika hanya punya kepala dan badan sudah bisa hidup dengan oragan-oragan yang bisa membuat hidup, walau ia misalnya tidak punya tangan, kaki, dsb.

#7 Menu Tema Blogger

Menu tema ini adalah tempat untuk melihat struktur template dari suatu blog yang menyusun elemen sebagaimana yang tampak pada menu tata letak, mengaur ukuran dan juga tampilan dari sebuah blog.

Jika postingan yang kita tulis berisi file di simpan dalam suatu penyimpanan eksternal, maka di sini tempat untuk melakukan pemanggilan seluruh informasi dan data untuk ditampilkan di browser pengunjung dengan menggunakan kode-kode, yaitu kode html, kode css, dan kode javascript.

Pada menu template ini, kita dapat mengganti template blog, mengedit, menyesuaikan template, baik template yang disediakan oleh pihak Blogger ataupun dari template yang dibuat atau didesain di luar dari pihak blogger.

#8 Menu Setelan Blogger

Menu yang tidak kalah penting ini terdiri dari sub-menu sebagai berikut.

  • Dasar, adalah sub-menu untuk mengatur judul, deskripsi blog, bahasa blog, pengaturan konten untuk dewasa, ID Google Analitik, dan Favicon.
  • Privasi, adalah sub-menu untuk mengatur apakah menginsinkan mesin telusur untuk mengaksesnya atau menemukan blog Anda ketika ada yang menggunakan pencarian di google.
  • Mempublikasikan, adalah sub-menu untuk mengatur alamat blog.
  • HTTPS adalah sub-menu untuk mengatur apakah akan dialihkan dari http:// ke https://.
  • Izin adalah sub-menu untuk mengatur siapa saja yang bisa mengakses Dasbor blogger Anda (admin atau penulis), serta pengaturan untuk Pembaca (pengaturan apakah semua orang dapat membaca di blog Anda atau khusus untuk orang-orang yang Anda diundang saja melalui email, atau hanya untuk penulis).
  • Postingan, adalah sub-menu untuk mengatur berapa postingan yang di tampilkan di halaman depan, frekuensi arsip, Template Entri (pengaturan kata atau kalimat apa yang secara otomatis ada pada area penulisan postingan), dan Lightbox gambar.
  • Komentar, adalah sub-menu untuk mengatur komentar.
  • Email, adalah sub-menu untuk mengatur seperti (1) Mempublikasikan entri menggunakan email, ini pengaturan alamat email khusus yang bisa kita gunakan untuk memposting artikel melalui pesan email seperti biasa ke alamat emal khusus ini. (2) Email Notifikasi Komentar, Anda bisa menambahkan alamat email Anda yang ada untuk menerima pemberitahuan jika ada orang yang berkomentar di blog Anda. (3) Anda bisa memasukkan alamat email orang lain jika Anda bermasuk untuk mengirimkan kepada mereka postingan-postingan terbaru Anda.
  • Pemformatan, sub-menu untuk mengatur format waktu yang digunakan pada blog Anda.
  • Tag meta, sub-menu untuk mengatur mengaktifkan dan mengedit deskripsi penelusuran blog Anda pencarian.
  • Error dan pengalihan, sub-menu untuk mengatur kasalahan 404 dan pengalihan khusus.
  • Crawler dan pengindeksan, sub-menu untuk mengatur masalah perayapan dan pengindesan blog Anda.
  • Monetisasi, sub-menu untuk memasukkan kode txt khusus iklan google adsense.
  • Kelola Blog, sub-menu untuk mengimpor konten, mencadangkan konten, mengelola video dari blog Anda, atau menghapus blog Anda.
  • Feed Situs, sub-menu untuk mengimpor feed situs blog Anda.
  • Umum, sub-menu untuk mengatur apakah Anda mau menggunakan Draf Blogger dan mengatur profil Blogger Anda.

Itulah Fungsi Menu-menu yang Ada pada Dasbor Blogger, semoga penjelasan tersebut bermanfaat bagi Anda yang beru mengenal dunia blogging.

Kini Anda sudah bisa memulai memposting artikel, silahkan pelajari cara memposting artikel di Blogger berikut ini.

Cara Memposting Artikel di Blogger

Setelah Anda membuat blog dan mempelajari sebagian dari Fungsi Menu-menu yang Ada pada Dasbor Blogger, mulailah mempublikasikan artikel-artikel yang bermanfaat di blog Anda sesuai dengan tujuan dengan gaya bahasa yang sesuai target pembaca Anda.

Postingan, baik berupa artikel atau tidak merupakan nyawa dari sebuah blog yang Anda sedang buat. Tanpa postingan, apalah artinya suatu blog.

Memposting artikel tidak boleh sekedar asal, tapi buatlah postingan yang bermanfaat. Berikut ini adalah langkah-langkah Cara Memposting Artikel di Blogger.com

Langkah ke-1. Dengan menggunakan PC / Laptop / HP, silahkan akses www.blogger.com.

Jika sebelumnya, Anda sudah pernah Login dan belum Logout, maka Anda akan langsung dibawa ke halaman Dasboard Blogger.

Tetapi, jika Anda belum Login sebelumnya atau Logout, Anda harus masuk (Login) terlebih dahulu.

Langkah ke-2. Pada menu Postingan di atas, jika sebelumnya Anda sudah pernah membuat postingan, maka akan tampil daftar postingan yang pernah Anda buat.

Jika belum ada, silahkan buat postingan baru Anda dengan cara mengklik "Entri Baru", maka akan tampil area penulisan postingan di bawah ini.

Gambar Area Penulisan Postingan Versi Lama

Area Penulisan Artikel Blogger

Gambar Area Penulisan Postingan Tampilan HTML Versi Terbaru 2022

Area Penulisan Postingan Tampilan HTML

Gambar Area Penulisan Postingan Tampilan Menulis Versi Terbaru 2022

Area Penulisan Postingan Tampilan Menulis

Berikut ini keterangan penjelasan sesuai nomor pada gambar di atas (versi lama).

  1. Tempat menentukan judul postingan
  2. Tempat menulis isi postingan sesuai dengan judul postingan
  3. Compose itu maksudnya mode penulisan sesuai yang akan dilihat pengunjung
  4. Html adalah tulisan dalam kode html
  5. Berfungsi untuk mengembalikan perintah sebelumnya atau setelahnya yang telah dilakukan
  6. Pengaturan jenis huruf yang digunakan
  7. Pengaturan ukuran huruf yang digunakan, dari yang paling kecil hingga terbesar.
  8. Menampilkan atau menentukan format huruf yang digunakan, apakah untuk tulisan dengan ukuran heading, subheading, minor heading, atau normal sesuai dengan pengaturan pada template blog Anda.
  9. Mengatur tebal, miring, atau garis bawah suatu huruf, kata atau kalimat.
  10. Menggaris tengah sebuah huruf, kata, atau kalimat
  11. Mengatur warna huruf atau latar belakang suatu huruf, kata atau kalimat
  12. Memasukan link postingan lain, gambar, video, atau emoticon pada postingan
  13. Jika template blog Anda tidak menggunakan read more otomatis yaitu memotong postingan untuk panjang kata tertentu, maka gunakanlah tanda ini untuk mengaturnya secara manual setiap kali menulis postingan.
  14. Mengatur perataan paragraf (kiri, tengah, kanan, atau rata kiri dan kanan)
  15. Membuat penomoran atau pembulatan suatu rangkaian susunan kalimat
  16. Membuat suatu Quote pada postingan
  17. Menghapus semua pengaturan yang telah dibuat pada suatu huruf, kata, atau kalimat, yang berarti mengembalikannya kepada keadaan normal
  18. Mengecek ejaan 
  19. Pengaturan  pengaktifan apakah ingin menulis dalam bahasa lain, misalnya dalam bahasa Arab.
  20. Pengaturan cepat merakan tulisan ke kiri atau ke kanan.

Gambar Setelan Entri Versi Lama

Gambar Setelan Entri Versi Lama

Gambar Setelan Entri Versi Terbaru 2022

Setelan Entri Versi Terbaru 2022

Berikut ini keterangan penjelasan sesuai nomor pada gambar di atas (versi lama).

  1. Apakah sebuah postingan akan segera dipublikasikan atau disimpan untuk tulisan yang baru selesai dibuat. Sebelum menyimpan atau mempublikasikan, Anda bisa melihat hasilnya dengan mengklik pratinjau. Klik tutup, untuk mengakiri proses penulisan. Jangan lupa menyimpan perubahan yang terjadi pada tulisan jika Anda ingin menutup area pembuatan postingan. Jika postingan merupakan postingan yang telah dipublikasikan, maka klik perbarui untuk mengakiri penulisan postingan.
  2. Anda bisa menentukan label atau kategori postingan Anda sebelum disimpan atau diterbitkan.
  3. Anda bisa melihat jadwal postingan Anda, kapan diterbitkan dan mengaturnya.
  4. Anda bisa melihat tautan postingan Anda dan mengaturnya.
  5. Anda bisa membuat deskripsi penelusuran pada postingan Anda, yang berisi kalimat yang bisa berupa pengantar singkat atau yang mengambarkan secara singkat isi postingan Anda. Jika tidak tampak pada area penulisan Anda, aktifkan dulu pada menu Pengaturan Dasbor blogger Anda. Contoh untuk postingan ini: Inilah Langkah-langkah Cara Memposting Artikel di Blogger.com yang baik dan benar
  6. Pilihan untuk postingan Anda., apakah ingin mengizinkan ada komentar pada postingan, dsb. Silahkan dilihat pada gambar.

Langkah ke-3. Setelah selesai menulis, pastikan cek URL postingan, apakah sesuai judul postingan Anda atau tidak karena secara otomatis, URL postingan akan menyesuaikan dari judul postingan dengan panjang kata tertentu, sehingga jika terpotong, maka lengkapi alamat URL sesuai judul postingan, tapi jangan kepanjangan. Sesuai keperluan saja.

Langkah ke-4. Jika Anda ingin melihat pratinjau postingan Anda sebelum dipublikasikan maka klik "Pratinjau". Jika Anda ingin menyimpan postingan Anda, silahkan klik "Simpan" kemudian klik "Tutup".

Langkah ke-5. Klik "Publikasikan" untuk mempublikasikan postingan baru Anda. Anda bisa mengedit dan menghapus postingan Anda jika telah dipublikasikan kapan saja.

SELESAI Cara Membuat Blog di Blogger Terbaru, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog di Blogger Terbaru"